Selasa, 05 Mei 2009

Profil Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN Suska

Dalam menghadapi era globalisasi yang semakin moderen dari zaman ke zaman, maka perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin memacu masyarakat untuk bergerak lebih maju dari sebelumnya. Untuk meningkatkan dan menciptakan terobosan baru, maka peran dunia pendidikan terutama peran musliman intelektual menjadi contoh yang bijaksana dan baik untuk ditiru.

Fakultas Pertanian dan Peternakan adalah satu dari fakultas baru dalam lingkungan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN SUSKA) yang berdiri sejak tahun 2002 dan telah sah menjadi fakultas kedelapan berdasarkan pereturan Menteri Agama RI No.56 Tahun 2006. Kehadirannya merupakan bentuk baru yang memenuhi tuntutan masa kini untuk menjalankan integralisme pengembangan ilmu dan teknologi peternakan dengan nilai dasar Islam menjadi pedoman penerapannya. Sinkronisasi paduan mata kuliah pengembangan kepribadian Islami dan keahlian profesi peternakan yang dirancang rapi dapat memberikan nilai tambah pembangunan kehidupan umat.

Fakultas Pertanian dan Peternakan bekerja sama dengan fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan mendapat dukungan penuh dari pemerintah Kabupaten/Kota di Riau. Fakultas ini bertujuan menghasilkan sarjana yang menguasai ilmu dan teknologi pertanian dan pertenakan yang Islami secara professional, berkepribadian Islami serta jiwa kewirausahaan yang tangguh.

Integralitas ilmu dan teknologi fakultas Pertanian dan Peternakan dengan Agama Islam adalah Peningkatan kecerdasan bangsa memerlukan kendali agar tidak terobsesi oleh kepentingan kemajuan atau kedalaman ilmu itu semata, tapi didasarkan kepada esensi ilmu itu sendiri yang berfungsi untuk meraih kehidupan dunia dan akhirat yang khasanah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar