Sabtu, 20 Desember 2008

SCEI Fasih UIN Diluncurkan

Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (Fasih) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau Prof Dr H Mahdini MA akan me-launching Studi Club Ekonomi Islam (SCEI), Rabu (24/12), di Hotel Mona Pekanbaru. Dengan begitu, SCEI sudah resmi sebagai salah satu organisasi mahasiswa Fasih UIN Suska.

Menurut Ketua Umum SCEI Fasih UIN Suska M Mukhlis, Sabtu (20/12), SCEI ini bertujuan sebagai wadah belajar dan riset dalam pengembangan ekonomi Islam, baik secara teori maupun praktek bagi mahasiswa Fasih UIN.

’’SCEI diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ekonomi Islam dalam bentuk riset dan aplikasi serta menjalin kerja sama dengan pihak pemerintah maupun lembaga lainnya untuk mengembangkan ekonomi Islam,’’ katanya.


Sebenarnya, ujar Muklis lagi, SCEI ini sudah didirikan 14 November 2007 lalu. Tapi, selama setahun sejak berdiri itu, belum ada legalitas yang jelas. Meski begitu, tidak menggoyahkan semangat anggota SCEI untuk mengadakan kajian yang berbasis ekonomi khususnya ekonomi syariah. Di samping itu, anggota SCEI terus berusaha mencari legalitas.

Dan,akhir November 2008 lalu, SCEI resmi bergabung dengan Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FS2EI), sebagai induk SCEI yang berpusat di Universitas Indonesia.

’’Mahasiswa yang tergabung dalam kajian ini dapat mempelajari, menerapkan, mensosialisasikan, dan mengaplikasikan ekonomi Islam di tengah masyarakat,’’ ungkapnya.

Selain acara launching SCEI, juga digelar talk show ekonomi Islam dengan tema ‘’Peran Ekonomi Islam untuk Mendukung Pemerintah dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Riau’’. Seminar ini akan diisi oleh pemateri yang profesional dan terkemuka di Provinsi Riau, yakni dari Pimpinan BNI Syariah Pekanbaru, Pemprov Riau dan Dr H Mawardi M Saleh LC MA, guru besar UIN Suska. (Dodi Putra-CCMD)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar