Minggu, 06 November 2011

UTS Landasan Pendidikan PBA




UJIAN TENGAH SEMESTER
Mata Kuliah : Landasan Pendidikan
Jurusan/Semester : Pendidikan Bahasa Arab/1 (Satu)


Dosen : Dr. Mohamad Erihadiana, M.Pd
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
1. Pendidikan adalah aktivitas yang bersifat teleologis jelaskan makna pernyataan tersebut, kemudian berikan pula penjelasan kaitannya dengan hakikat manusia dan konsep dasar pendidikan!
2. Dalam konsep pendidikan Islam terdapat istilah tarbiyah, ta’dib, tadris, ta’lim, dan tahdzib. Jelaskan istilah-istilah tersebut dan istilah mana yang Anda anggap paling tepat sebagai pendidikan!
3. Pendidikan membutuhkan kajian antardisipliner atau harus didekati secara multidisipliner, oleh karena itu membutuhkan berbagai disiplin sebagai landasannya. Coba Anda sebutkan dan jelaskan beberapa jenis landasan pendidikan yang dapat dijadikan dasar bagi ilmu pendidikan!
4. Jelaskan pengertian, fungsi, visi, misi, srategi jalur, dan jenjang pendidikan berdasarkan UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003 !
5. Jelaskan apa yang Anda ketahui tentang teori-teori pendidikan di bawah ini dan pengaruhnya terhadap praktik pendidikan
a. Behaviorisme
b. Kognitivisme
c. Konstruktivisme
d. Humanistik
6. UU Sisdiknas mengakui adanya tripusat pendidikan, jelaskan mengapa demikian!
7. Jelaskabn komponen-komponen sistem pendidikan yang mewmpengaruhi aktivitas pendidikan dan hubungannya dengan mutu pendidikan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar